Rabu, 04 Maret 2015

Membuat Scene Rumput 3 Dimensi

Membuat Scene Rumput 3 Dimensi


Publish: 20 April 2014 | Author & Copyright: Aditya, ST | Status: Tip Trik 3DSmax
Hai, halo. Jumpa lagi di rubrik "3T 3D" ilmugrafis, Sekarang saya akan share tentang membuat scene rumput 3D. Scene ini biasanya banyak dijumpai bila Anda membuat scene yang berhubungan dengan lanskap (landscape) atau area luar atau panorama / pemandangan.
scene rumput 3 dimensi
Gambar : scene rumput 3 dimensi

Ilustrasi diatas merupakan Project yang saya buat sekitar 8 tahun yang lalu (tahun 2006). Sudah cukup lama ternyataĆ¢€¦ hehehe. Ilustrasi ini saya buat untuk mengisi ilustrasi sebuah seminar Animasi yang saya isi saat itu. Selain itu juga digunakan untuk tutorial yang dimuat di rubrik Animasi yang saya tulis di sebuah surat kabar di Medan.
Sebelum 3ds Max versi 8 keluar, sangat sulit untuk membuat rumput 3D. Jika ingin membuatnya, maka harus menggunakan fitur Scatter pada Compound Object dan harus mengatur banyak parameternya, sehingga sedikit agak jelimet (rumit). Setelah 3ds Max versi 8 muncul, terdapat fitur membuat rumput yang sangat cepat dan mudah. Fiturnya bernama "Hair and Fur". Pada 3ds Max versi 7.5, fitur ini bisa digunakan, namun harus diinstal lagi (terpisah). Berbeda dengan 3ds Max versi 8, dimana fitur ini sudah include (termasuk) didalamnya.
Sebenarnya fitur Hair and Fur ini tidak hanya untuk membuat rumput saja, namun diperuntukkan untuk membuat aneka objek 3D yang sifatnya banyak, acak/random dan variatif ; seperti objek rambut, bulu dan lainnya.
hasil render rumput 3d
Gambar : hasil render rumput 3d
Berikut panduan garis besarnya.
  • Buat sebuah objek 3D sebagai base (dasar) untuk peletakkan objek rumputnya nanti. Bisa objek Box, Plane, Sphere, dan lainnya. Namun yang paling banyak digunakan sebagai base-nya adalah objek Plane.

  • Lalu berikan Modifier Hair and Fur.

  • Atur parameter yang terdapat pada fitur Hair and Fur ini. Yang terutama adalah mengubah warnanya menjadi warna hijau (warna rumput).
Sudah selesai! Tinggal Render saja. Mudah kan? Ok, selamat mencoba tips dan trik membuat rumput di 3dsmax! Salam 3T 3D! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar