Rabu, 04 Maret 2015

Membuat 3D Arsitektural

Membuat 3D Arsitektural


Publish: 26 Mar 2014 | Author & Copyright: Aditya, ST | Status: Tip Trik 3DSmax
Kali ini saya akan membahas "3T 3D" tentang membuat 3D Arsitektural, baik exterior (bentuk/ruang luar) maupun interior (bentuk/ruang dalam) dengan menggunakan 3ds Max. 3D bertemakan Arsitektural sangat banyak Anda jumpai nantinya dalam Real Project diluar sana.
Bank Sumut 3D Concept Arsitektural
Gambar : Bank Sumut 3d Arsitektural
Saya banyak mengerjakan berbagai Project di bidang 3D Arsitektural. Contohnya seperti pada ilustrasi gambar di atas. Project pada ilusrasi tersebut saya kerjakan sudah cukup lama, sekitar 11 tahun yang lalu (tahun 2003). Hingga saat ini, saya pun masih banyak mengerjakan Project-Project 3D Arsitektural, karena kebutuhan akan hal ini sangat besar; mengingat pembangunan gedung-gedung / rumah-rumah akan selalu ada, bahkan tumbuh dengan sangat pesat setiap tahunnya akibat populasi jumlah penduduk yang selalu pula meningkat.
Arsitektur di 3DSmax
3D house concept in 3DSmax
3ds Max sangat andal dalam urusan membuat visualisasi 3D Arsitektural. Dengan fitur modelingnya yang lengkap dan ditunjang oleh fitur material (texturing) dan fitur pencahayaan (lighting) yang sangat realistis dan dukungan fitur animasinya yang sangat powerful, Anda akan sangat terbantu dalam membuat berbagai kreasi bentuk bangunan dengan style / gaya bentuk apapun. Saya sudah melakukan dan merasakan sendiri keandalan aplikasi ini. :)
Untuk membuat 3D Arsitektural dengan 3ds Max sebenarnya sangat mudah. Anda bisa menggunakan fitur Shape seperti Rectangle dan Line untuk membuat elemen-elemen bangunan seperti dinding, lantai, plafon, atap, detail bangunan dan lainnya. Lalu berikan fitur Extrude untuk membuatnya menjadi bentuk 3D. Lalu susun elemen-elemen tersebut sehingga membentuk sebuah bentukan bangunan yang Anda inginkan.
Berikut panduan garis besarnya :
  • Untuk pembuatan dinding bangunan, bisa gunakan fitur Line yang Anda berikan ketebalan dengan fitur Outline. Lalu Anda berikan ketinggiannya dengan fitur Extrude (Tutorial Extrude di ilmugrafis.com).
  • Untuk membuat lantai maupun plafon, gunakan fitur Rectangle atau Line dan berikan fitur Extrude.
  • Untuk membuat lubang pada pintu, jendela maupun ventilasi bangunan, Anda gunakan fitur Boolean/ProBoolean-Substraction (Tutorialnya Boolean di ilmugrafis.com).
  • Buat objek pintu dan jendela dengan fitur Doors dan Windows.
  • Untuk atap, bisa gunakan fitur Rectangle atau Line yang diberi fitur Extrude.
  • Lengkapi bentuk bangunan lainnya seperti elemen-elemen detail, atap kanopi, dinding pembatas, pagar dan lainnya.
  • Setelah objek modeling bangunan selesai, Anda bisa lanjutkan dengan memberikan material baik warna maupun texture nya dengan fitur Material Editor.
  • Tambahkan pencahayaannya yang realistik dengan fitur Skylight dan fitur LightTracer.
  • Lengkapi 3D bangunan Anda dengan latar belakang gambar awan atau panorama lainnya yang menawan dengan bantuan fitur Environment.
Mudah kan? :) Yang terpenting Anda harus rajin berlatih dan terus bereksperimen dengan berbagai elemen-elemen dan bentukan-bentukan dalam dunia Arsitektural. Sehingga feeling maupun intuisi Anda akan semakin tajam dan terlatih. Ini yang akan membuat Anda nantinya akan semakin mahir dan ahli dalam membuat aneka bentuk 3D Arsitektural. Ok, selamat berlatih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar